Pages

Install Addons Modul POS Products Date Expiration - #UPERP11T06A



Hai hai, selamat malam.
Malam ini saya mau sharing tentang modul tambahan POS nih, namanya "Product of Sale Products Date Expiration". Bisa dilihat dari namanya, fitur dari modul ini adalah menambahkan pilihan (option) tanggal kadaluarsa atau tanggal berakhirnya produk itu dijual.
Cara installnya sama saja seperti yang pernah saya posting waktu itu, bisa klik di sini. Hmm males buka? kalau begitu akan saya tulis kembali di postingan ini haha.
Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka website Odoo >> Klik Di sini << atau langsung >> Ke Sini << untuk download Modulnya.

  2. Kemudian download modul tersebut. 

  3. File yang telah didownload kemudian diekstrak, bisa menggunakan software WinRar.
  4. Isi dari rar (folder hasil ekstrak file) di copy ke C:\Program Files (x86)\Odoo 10.0\server untuk yang laptopnya 32 bit, pilih program files tanpa (x86)

  5. Buka Database kita di Localhost Odoo 10 (defaultnya -> http://localhost:8069)
  6. Klik Menu Setting dan Klik Activate the Developer Mode.
  7. Kemudian buka menu Apps dan klik Update Apps List
  8. Ketik di kolom pencarian "Point of Sale" maka akan keluar modul
    Product of Sale Products Date Expiration
  9. Klik modul tersebut dan Install di localhost tersebut
  10. Untuk melihat atau menggunakan fiturnya silahkan ke menu Point Of Sale.
  11. Misalkan kita membuat data produk baru yang statusnya (stockable) atau tersedia hingga waktu tertentu. Dengan menginstall modul POS Date Expiration ini, tanggal kadaluarsa (tanggal berakhirnya suatu produk) bisa kita cantumkan, seperti di bawah ini. Jumlah stok yang tersedia di toko pun bisa dicantumkan, jadi saat produk tersebut terjual maka secara otomatis produk yang tersedia akan berkurang. 
Sebagai contoh:
  • saya membuat data produk Pill Organizer Box dengan tanggal kadaluarsa (batas waktu) di tanggal 17 Desember 2017.
  • Saya juga mencantumkan jumlah produk tersebut yang tersedia di toko sebanyak 13 buah (stok produk). Klik Update Qty On Hand.
  • Kemudian konsumer datang membeli sebanyak 3 produk tersebut secara tunai.
  • Kemudian saya kembali ke menu POS dan saya bisa melihat jumlah produk tersebut yang masih tersisa. Tentu saja produk yang tersisa ada 10 buah.
Fitur ini sangat berguna, selain bisa menentukan Date Expiration suatu produk, fitur lain seperti input data jumlah kuantitas produk bisa untuk membantu, saat kita melakukan pendataan (stockopname) ketersediaan produk.

Sekian ulasan tentang fitur tambahan modul POS. Bisa kalian coba langsung jika penasaran hehe. Kalau ada yang ditanya bisa komentar di bawah ini, atau masukkan juga boleh. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini lagi :* sering-sering ya haha.

Salam hangat,


Gita Azizah Putri

Unknown

Tidak ada komentar: