Pages

Install Addons Modul Coupons & Vouchers in Point of Sale - #UPERP11T06B

Hello!
Saya kembali~
Tugas ERP minggu ini adalah install modul addons (2 modul). Tapi ini sama ko seperti saat kita install modul rumah sakit di postingan sebelumnya. (read: Instalasi Modul Rumah Sakit (Addons) pada Odoo 10). Kali ini saya akan install modul Coupons & Vouchers in Point of Sale


Dari nama modulnya sudah terlihat, kalau nanti di POS (Point of Sale) akan ada fitur kupon dan voucher. seperti yang kita ketahui kupon itu biasanya bagian dari promosi sales (Sales Promotion) seperti bujukan atau dorongan lebih agar "konsumen" membeli barang yang dijual. Tapi cara ini memang sangat jitu, buktinya sayapun suka mengincar kupon dan voucher hahaha. Selain itu kupon juga bisa menjadi ajang promosi pembelian kembali untuk meningkatkan pembelian tetap atau bakan dalam jumlah besar. Nah, cara ini bisa digunakan untuk mengusik peluncuran produk-produk pesaing hm hm. Kupon banyak macamnya, ada yang seperti : "AYO BELI DUA GRATIS SATU" atau "POTONGAN HARGA SEBESAR SEKIAN PERSEN" begitu. Yah keduanya bikin pengen sih kalo kupon gitu mah hahaha.
Kembali ke topik yang akan saya bahas di Postingan ini, kali ini saya akan menginstall modul Kupon dan Voucher POS dengan addons. Mari disimak, *uhuk uhuk*
  1. Download modul Coupons & Vouchers in Point of Sale di sini.
  2. Modul yang telah didownload masih berbentuk rar, oleh karena itu kita perlu ekstrak terlebih dahulu (disarankan menggunakan Win Rar)

  3. Kemudian folder modul (hasil ekstrak file rar) di copy ke C:\Program Files (x86)\Odoo 10.0\server untuk yang laptopnya 32 bit, pilih programfiles tanpa (x86)
  4.  Buka localhost Odoo vers. 10 (biasanya, http://localhost:8069)
  5. Klik Menu Setting dan klik Activate the Developer Mode.
  6. Kemudian buka menu Apps dan Klik Update Apps List.
  7. Di kolom pencarian coba ketikan keyword seperti "coupon", maka akan muncul fitur POS yang merupakan modul Coupons & Vouchers in Point of Sale. Kemudian Install modul tersebut.

  8. Untuk melihat fitur modul ini kalian bisa buka menu POS. Disana ada fitur untuk menambahkan e-coupon yang nanti bisa digunakan di kasir POS
Nah, Mudah kan?
Sekarang kita coba-coba nih fiturnya, misalnya seperti ini: 

Saya membuat kupon diskon 15% untuk setiap pembelian produk Pill Organizer Box dalam rangka tahun baru 2018 yang akan datang. Kupon itu hanya tersedia 12 buah dan hanya pada tanggal 1 Desember 2017 s/d 5 Januari 2018. Maka akan sebagai berikut:

Disini diwajibkan memilih voucher yang akan digunakan, jika belum ada kita akan buat:


Kemudian kita kembali ke tampilan Kasir POS.



Sebelum belanja kita harus menentukan konsumennya, karena jika tidak sistem tidak mau untuk melanjutkan transaksi (saya pun kurang tau kenapanya), jadi lakukan hal berikut:

Ceritanya, Konsumen membeli produk Pill Organizer Box dan konsumen menyerahkan kupon beserta kodenya. 

Kasir memasukkan kode kupon:
Konfirmasi:
Maka konsumen mendapat potongan harga sebesar 15% dari pembelian produknya.

Konsumen melanjutkan ke tahap pembayaran:



Tadaa~ Seperti itu lah modul ini di POS Odoo! 
Selain potongan berupa % bisa juga berupa "harga tertentu" misal 100.000
Kemudian ada pertanyaan: Kalau kupon tidak berlaku, habis, atau salah kode?
Jawabannya : Akan keluar seperti ini:

Nah, kalau kalian menemukan hal lain di modul ini bisa sharing-sharing nih di komentar bawah ini. Terimakasih sudah menyimak sampai akhir. Semoga bermanfaat. *Grin*


 Salam hangaaaat,


Gita Azizah Putri

Unknown

Tidak ada komentar: