Pages

Over Head Projektor (OHP), Proyektor Tempo Doeloe. - #UPERP11T01B

Over Head Projektor (OHP) merupakan perangkat keras sederhana berbentuk sebuah kotak dengan bagian atasnya sebagai tempat meletakkan transparansi yang berisi tulisan atau gambar. Masih ingat terakhir saya menggunakan OHP ini kelas 2 SMP *wahhh sudah 8 tahun yang lalu hahaha. Alat ini besar, cukup berat untuk dibawa. Apalagi seukuran dulu saya yang kelas 2 SMP, butuh 2 orang untuk mengangkat alat ini. Kegunaan alat ini untuk mempresentasikan sebuah materi. 
Untuk bisa menampilkan slide di OHP ini, pengguna harus mencetak slide-slide ke media transparan (plastik mika OHP transparansi). Terkadang slide tidak dicetak, sebagian ada yang ditulis dengan tulisan tangan menggunakan spidol permanen. Biasanya tulisan tangan di slide lebih berkesan, karena kita bisa lihat tulisan indah si pemateri. Keuntungannya dengan OHP, pengguna dapat langsung menulis pada plastik transparan pada saat presentasi (mengedit materi). Berbeda dengan Power Point (PPT), pengguna harus menghentikan presentasi, menjalankan option edit di PPT, lalu menayangkannya kembali.
OVERHEAD PROJECTOR (OHP)
Sumber: http://www.freeimageslive.co.uk/free_stock_image/meetingroom-ohp-jpg
Tapi sekarang? OHP sebagai media presentasi sangat jarang digunakan. Belum lagi untuk bahan presentasinya di media transparan harus ditulis atau dicetak terlebih dahulu. Kemudian seluruh slide transparansi dimasukkan ke dalam map yang kemungkinan bisa tercecer sewaktu-waktu *sigh*. Karena OHP penggunaannya kurang efisien, sekarang digantikan dengan penggunaan LDC Projektor. Harga LCD Projector yang kini tidak terlampau mahal, mudah dibawa karena ukurannya yang lebih kecil, serta ramah lingkungan karena tidak memakai plastik menjadi pilihan terbaik hingga sekarang. 



lcd-projector
LCD Projector
Sumber: http://distributoraksesoriskomputer.co.id/blog/mengetahui-proyektor-lcd-dan-beragam-fungsinya/

Sebenarnya masih ada lagi, alat presentasi yang lebih maju seperti Panaboard. Hanya saja belum digunakan oleh kalangan luas. Tetapi walaupun begitu OHP menjadi saksi bisu media presentasi di dunia (khususnya dunia pendidikan).



Unknown

Tidak ada komentar: